Senin, 13 Januari 2014

Media Audio


Print Friendly and PDF

BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian dan Fungsi Media Audio

Media audio merupakan alat bantu yang digunakan dengan hanya bisa mendengar saja. Media ini membantu para siswa agar dapat berfikir dengan baik, menumbuhkan daya ingat serta mempertajam pendengaran.

Dalam proses pembelajaran, media tersebut diajarkan ke siswa berupa pesan. Pesan yang disampaikan dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Sehingga proses pembelajaran dapat terprogram dengan baik.

Media ini merupakan bentuk pembelajaran yang murah dan terjangkau. Materi yang disapaikan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Audio dapat memberikan pesan yang menarik dan memotivasi siswa. Di samping menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak, materi audio dapat digunakan untuk:

  1. Mengembangkan keterampilan mendengar dan mengevaluasi apa yang telah didengar
  2. Mengatur dan mempersiapkan diskusi atau debat dengan mengungkapkan pendapat-pendapat para ahli yang berada jauh dari lokasi.
  3. Menjadikan modal yang akan ditirukan oleh siswa.
  4. Menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan-perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai pokok bahasan.
Untuk lebih dapat memotivasi siswa, seyogyanya dibuat program yang lebih menarik dari segi bahasa. Program audio menjadi lebih indah karena dapat menimbulkan daya fantasi pada para siswa. Program ini akan lebih efektif apabila bunyi dan suaranya dapat merangsang para siswa untuk dapat menggunakan daya imajinasinya. Sehingga ia dapat memvisualkan pesan-pesan yang kitam sampaikan.

Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
  1. Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
  2. Personal
  3. Cenderung satu arah
  4. Mampu menggugah imaginasi

Kaitannya dengan audio sebagai media pembelajaran, dapat  disimpulkan bahwa Media Audio Pembelajaran yaitu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan materi pembelajaran melalui suara - suara ataupun bunyi yang direkam menggunakan alat perekam suara , kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.

ü Fungsi Media Audio

Fungsi media audio menurut Arsyad , beliau mengutip pendapat sudjana dan Rivai adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapat dicapai dengan media audio ialah berupa :

1.      Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian.
2.      Mengikuti pengarahan.
3.      Melatih daya analisis.
4.      Menentukan arti dan konteks.
5.      Memilah informasi dan gagasan.
6.      Merangkum , mengingat kembali dan menggali informasi


2.2 Karakteristik Media Audio

Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambing auditif, baik verbal maupun nonverbal. Secara umum media audio memiliki karakteristik atau ciri sebagai berikut: mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu (mudah dipindahkan dan jangkauannya luas), pesan/program dapat direkam dan diputar kembali sesukanya, dapat mengembangkan daya imajinasi dan merangsang partisipasi aktif pendengarnya, dapat mengatasi masalah kekurangan guru, sifat komunikasinya hanya satu arah, sangat sesuai untuk pengajaran musik dan bahasa, dan pesan/informasi atau program terikat dengan jadwal siaran (pada jenis media radio).


2.3    Jenis – Jenis Media Audio

ü Phonograph (Gramaphone)
ü Open Reel Tapes
ü Cassette Tape Recorder
ü Compact Disc (CD)
ü Radio
ü Laboratorium Bahasa


2.4 Kelebihan dan Kekurangan Media Audio

Media Audio merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan melalui indera pendengaran. Contoh: pita audio(rol kaset), piringan audio, radio.

Kelebihan media audio
  1. Tidak begitu mahal untuk kegiatan pembelajaran.
  2. Audio – tape cukup hemat,sebab suatu rekaman dapat dihapus dan diganti dengan materi yang baru.
  3. Dapat digunakan untuk pembelajaran kelompok maupun individual.
  4. Pebelajar yang tuna netra maupun yang tuna aksara dapat belajar melalui media audio.
  5. Media audio dapat membawakan pesan verbal yang lebih dramatis dari pada media cetak.
  6. Dengan sedikit imaginasi guru, program audio dapat bervariasi.
  7. Cassette tape – recorder sangat ideal untuk belajar mandiri di rumah,karena bahan pembelajaran pada pita kaset dapat diperbanyak.

Kelemahan media audio
  1. Melalui media audio kaset, dapat mendengarkan urutan penyajian yang tetap, bahkan bila diputar kembali, akan terdengar hal – hal yang sama.
  2. Tanpa ada penyaji yang bertatap muka langsung dengan pebelajar
  3. Pengembangan media audio yang baik, akan banyak menyita waktu.
  4. Penentuan cara penyampaian informasi dapat menimbulkan kesulitan bila pendengar memiliki latar belakang serta kemampuan mendengar yang berbeda.
  5. Tidak dapat diperoleh balikan secara langsung karena hanya ada satu jalur penyampaian informasi.

2.5  Penyajian bahan program media audio
  1. Talkshow dan diskusi dibuat menjadi program audio dengan cara merekamnya, Berguna untuk memahami sebuah pengertian mengenai suatu konsep seperti keadilan Tuhan, zakat, dan lain-lain.
  2. Drama atau sandiwara. Penggunaan drama atau sandiwara ini dapat digunakan oleh guru untuk memahamkan siswanya mengenai materi-materi seperti sejarah masuknya Islam ke Indonesia, asal mula peristiwa kurban dan lai-lain.
  3. Bercerita atau menuturkan kisah. Program cerita audio ini dibuat sama seperti program drama atau sandiwara misalnya dalam mata pelajaran bahasa.
  4. Model dalam artian model-model program audio dalam materi ini dapat didengar oleh siswa. Contohnya program model audio untuk mengucapkan pelajaran bahasa asing, program model audio untuk latihan pidato.
  5. Musik dan lagu, lagu-lagu yang mengandung pesan-pesan pendidikan. Musik untuk mengiringi slide, musik untuk mengiringi program audio yang disebutkan di pada point 1-5 diatas.


BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Media audio merupakan alat bantu yang digunakan dengan hanya bisa mendengar saja. Media ini membantu para siswa agar dapat berfikir dengan baik, menumbuhkan daya ingat serta mempertajam pendengaran. Karakteristik media audio pembelajaran yang menjadi focus pembahasan kita kali ini adalah karakteristik berdasarkan kemampuan media dalam membangkitkan rangsangan indera penfengaran.

Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambang-lambang auditif, baik verbal (bahasa lisan/kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi, seperti gerutuan, gumam, musik dll.)


3.2 Saran

            Diharapkan para pembaca dapat memahami apa itu media audio beserta jenis dan kegunaannya, sehingga para guru dapat menggunakan media audio sebagai alat bantu untuk memperlancar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

                                                                          

DAFTAR PUSTAKA

ü  Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press

ü  Sadiman, Arief. 2006. Media Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

ü  http://www.m-edukasi.web.id/2011/10/karakteristik-media-di-dalam-multimedia. html.





Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

 

JADWAL SHALAT

PENGUNJUNG

CONTACT US


 
Cara Seo Blogger